PLN Non-Taglis ( Non – Tagihan Listrik )

Masyarakat mungkin masih belum banyak yang tidak mengetahui apa itu yang di maksud PLN  Non-Taglis PLN, yang masyarakat ketahui mungkin adalah tagihan listrik pasca bayar dan produk terbaru listrik prabayar atau yang umumnya di ketahui masyaratak adalah pulsa listrik.

PLN non-taglis itu adalah tagihan PLN di luar tagihan listrik pasca bayar dan listrik prabayar, seperti  :

  1. Memasang sambungan listrik baru

Jika masyarakat yang belum memiliki aliran listrik di rumahnya dan mebutuhkan  penerangan rumahnya ketika malam hari dan untuk keperluan sehari – hari nya maka di butuhkan pemasangan listrik baru. Untuk membayar pemasangan baru listrik ini akan masuk pada tagihan PLN non-taglis.

  1. Melakukan perubahan daya listrik

Rumah anda memiliki prabotan rumah tangga dengan daya watt besar seperti, kulkas, AC, mesin cuci, pompa air dll dan daya listrik anda tidak mencukupi maka anda harus melakukan perubahan tambah daya listrik. Proses penambahan daya listrik ini sekarang lebih mudah, anda tinggal menelpon 123 dan yang paling penting anda harus mempersiapkan syarat-syarat nya seperti, no ID pelanggan, KTP. Setelah itu anda akan mendapat panduan untuk mendapatkan no regestrasi dan biaya yang anda harus lunasi, nah pelunasan tagihan inilah yang di sebut non-taglis.

  1. Migrasi daya listrik

Anda ingin melakukan migrasi golongan listrik karena salah satu sebab pencabutan subsidi listrik untuk daya 900VA dan beralih ke golongan dengan KWH listrik lebih murah, syarat nya juga hampir sama dengan proses tambah daya yaitu : ID Pelanggan listrik dan KTP.

  1. Pemasangan kembali

Untuk pemasangan kembali ini di lakukan bila pelanggan listrik mengalami pemutusan karena ada tunggakan pembayaran listrik, bisa juga pelanggan melakukan pemutusan sementara karena sedang melakukan renovasi dan setelah renovasi selesai bisa melakukan pemasangan kembali. Dari pemasangan kembali inilah pelanggan akan terkena biaya non-taglis.

  1. Pengajuan penerangan sementara

Jika ada masyarakat yang sedang menggelar sebuah acara besar seperti pernikahan, khitan, dan acara yang di adakan oleh desanya dan membutuhkan daya listrik lebih sementara untuk memperlancar acara tersebut. Cara nya cukup dengan menelpon 123 dan biaya untuk penerangan sementara ini lah yang di sebut biaya non-taglis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 3 =